Home » Ringkasan Kotbah » Hukuman Allah atas Kefasikan dan Kelaliman

Hukuman Allah atas Kefasikan dan Kelaliman

Ringkasan Kotbah, 25 November 2012
Oleh : Pdt.Ibu Fajar Lembong

Pdt.Fajar Lembong Ayat Bacaan : Roma 1:18-32

Nats : Sebab walaupun mereka mengetahui tuntutan-tuntutan hukum Allah, yaitu bahwa setiap orang yang melakukan hal-hal demikian, patut dihukum mati, mereka bukan saja melakukannya sendiri, tetapi mereka juga setuju dengan mereka yang melakukannya. (Rom 1:32)

Kehidupan, Kasih dan Pengertian adalah hadiah yang terindah yang Allah berikan kepada setiap kita. Namun banyak orang percaya tidak memiliki PENGERTIAN yang benar akan arti kehidupan dan kasih yang sudah Tuhan berikan. Mereka merasa sudah mengerti tetapi pada kenyaataanya tidak terbukti dalam praktek hidupnya.

Mereka mengetahui akan aturan Allah, yang jika di langgar akan menerima hukumannya namun bukan saja mereka melakukannya, tetapi mereka juga setuju dengan orang-orang yang melakukannya (ayat 32). Hal tersebut membuktikan bahwa mereka sungguh tidak mengerti akan kebenaran Allah. Allah memang Pengasih dan Penyayang namun Allah juga punya ketentuan-ketentuan yang harus setiap kita lakukan jika tidak maka kita akan mengalami murka dan hukuman-Nya.

SIAPA SAJA YANG MENDAPAT HUKUMAN ALLAH?

1. Mereka yang Menindas Kebenaran (Rom 1:18-22)

(Rom 1:18) Sebab murka Allah nyata dari sorga atas segala kefasikan dan kelaliman manusia, yang menindas kebenaran dengan kelaliman. (Rom 1:21) Sebab sekalipun mereka mengenal Allah, mereka tidak memuliakan Dia sebagai Allah atau mengucap syukur kepada-Nya. Sebaliknya pikiran mereka menjadi sia-sia dan hati mereka yang bodoh menjadi gelap. (Rom 1:22) Mereka berbuat seolah-olah mereka penuh hikmat, tetapi mereka telah menjadi bodoh.

  • Yaitu mereka yang mengetahui kebenaran tetapi tidak melakukannya bahkan setuju dengan orang yang melakukan kelaliman.
  • Yaitu mereka yang mengenal Allah, tetapi tidak Memuliakan Dia (Rom 1:21)

Memuliakan Allah…

  • Harus melebihi segalanya, seperti orang tua yang mengasihi anaknya.
  • Dengan mengucap syukur, jangan seperti bangsa Israel yang selalu bersungut-sungut padahal Tuhan cukupkan keperluan mereka.
  • Dengan menolong dan memberi dengan benar kepada mereka yang lapar, haus, telanjang, sakit, terpenjara (Mat 25:35-40), dan Allah akan murka jika kita tidak melakukannya.

2. Mereka yang menggantikan kemuliaan Allah (Rom 1:23-24)

(Rom 1:23-24) Mereka menggantikan kemuliaan Allah yang tidak fana dengan gambaran yang mirip dengan manusia yang fana, burung-burung, binatang-binatang yang berkaki empat atau binatang-binatang yang menjalar. Karena itu Allah menyerahkan mereka kepada keinginan hati mereka akan kecemaran, sehingga mereka saling mencemarkan tubuh mereka.

Mengganti kemuliaan Allah dengan sesuatu yang fana yaitu..

  • Uang ~ Karena pekerjaan, bisnis rela tidak beribadah Ams 10:22 Berkat Tuhanlah yang menjadikan kaya, susah payah tidak akan menambahinya.
  • Idola ~ artis, pemain bola lebih di muliakan dari pada Tuhan Yesus
  • Hobby ~ rela begadang untuk nonton bola dari pada doa
  • Hanya karena tidak ada kendaraan bermotor tidak ibadah

Allah murka terhadap orang yang seperti itu sehingga menyerahkan mereka kepada keinginan hati mereka akan kecemaran (Rom 1:24).

3. Mereka yang menggantikan kebenaran Allah (Rom 1:25-27)

(Rom 1:25-26b) Sebab mereka menggantikan kebenaran Allah dengan dusta dan memuja dan menyembah makhluk dengan melupakan Penciptanya yang harus dipuji selama-lamanya, amin. Karena itu Allah menyerahkan mereka kepada hawa nafsu yang memalukan…

Mengganti kebenaran Allah dengan…

  • Hidup dalam Dusta
  • Memuja dan menyembah yang lain.

Hanya Allah saja yang harus dipuja dan disembah selama-lamanya melalui…

  • Nyanyian
  • Doa & Ucapan syukur
  • Pujian ~ Ganti kata-kata kotor dengan pujian

Jika tidak Allah akan menyerahkan mereka kepada

  • Hawa nafsu yang memalukan
  • Hukuman di dunia belum lagi di akherat

4. Mereka yang tidak mengakui Allah (Rom 1:28-31)

Akibatnya Allah menyerahkan mereka kepada pikiran-pikiran yang terkutuk yaitu pikiran yang membawa kita pada Hukuman.

Pikiran terkutuk yaitu : penuh dengan rupa-rupa kelaliman, kejahatan, keserakahan dan kebusukan, penuh dengan dengki, pembunuhan, perselisihan, tipu muslihat dan kefasikan. Mereka adalah pengumpat, pemfitnah, pembenci Allah, kurang ajar, congkak, sombong, pandai dalam kejahatan, tidak taat kepada orang tua, tidak berakal, tidak setia, tidak penyayang, tidak mengenal belas kasihan. (Rom 1:29-31)

AFFIRMASI

DIAM SAJA KETIKA MELIHAT KEFASIKAN & KELALIMAN BERARTI SETUJU DENGAN MEREKA YANG MELAKUKANNYA. HAL TERSEBUT AKAN MEMBAWA KITA PADA HUKUMAN ALLAH.

Incoming search terms:

    arti kelaliman,arti kelaliman dalam alkitab,kefasikan,kelaliman,renungan roma1:18_32,Arti kata kelaliman,arti dari kelaliman,kelaliman adalah
by : Admin . November 28th, 2012 . Posted in : Ringkasan Kotbah

satu komentar tentang “Hukuman Allah atas Kefasikan dan Kelaliman”

  1. Mom Mom says:

    Semua yg tersebut di atas sungguh berat, tetapi dalam Tuhan Yesus kita bisa.
    Kita semua berdosa, hanya oleh darah Tuhan Yesus kita bisa selamat masuk ke surga, bukan karena perbuatan baik kita. Kalau anda tidak percaya bahwa dosa kita dicuci bersih hanya dengan darah Tuhan Yesus yg Dia tumpahkan di kayu salib di Calvary, anda tidak bisa masuk surga karena anda masih berdosa, Tuhan tdk bisa lihat dosa.

    Ibrani 9:22
    Dan hampir segala sesuatu disucikan menurut hukum Taurat dengan darah, dan tanpa penumpahan darah tidak ada pengampunan

    Roma 10:9
    Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati maka kamu akan diselamatkan.

    Alkitab bilang Jalan ke surga sempit tapi ke neraka sungguh besar. Karena banyak org yg tdk percaya jalan satu2 nya ke surga adalah harus menerima Salvation, yaitu percaya bahwa darah Tuhan Yesus adalah satu2nya yg bisa mencuci bersih dosa kita.

Leave a Reply

Barisan Pemenang GBI Misi Kasih
JL.Manngga Besar 4E No.24, Jakarta
Phone (021) 6291794, 98157313
Copyright © 2013 GBI Misi Kasih