Home » Ringkasan Kotbah » Carilah Aku, maka kamu akan hidup!

Carilah Aku, maka kamu akan hidup!

Ringkasan Kotbah, 22 Juli 2012
Oleh : Pdt Suprapto Sapari, M.A

Suprapto_SapariAyat Bacaan : Amos 5:4-5 ; Rut 1:1-22

Sebab beginilah firman TUHAN kepada kaum Israel: “Carilah Aku, maka kamu akan hidup! Janganlah kamu mencari Betel, janganlah pergi ke Gilgal dan janganlah menyeberang ke Bersyeba, sebab Gilgal pasti masuk ke dalam pembuangan dan Betel akan lenyap.” (Amos 5:4-5)

Sebagai umat pilihan Tuhan seringkali bangsa Israel berlaku tidak setia, sehingga saat mengalami masalah mereka cenderung mengandalkan kekuatannya sendiri bahkan mencari illah yang lain selain Tuhan.

Untuk meluruskan prilaku mereka maka Allah mengutus hambaNya salah satunya Nabi Amos untuk mengingatkan orang-orang Israel agar mereka bertobat dan kembali mencari Dia jika hidup mereka ingin dipulihkan.

Contoh lain dalam Alkitab terdapat juga pada kitab Rut, dimana ketika terjadi masalah kelaparan Elimelekh beserta seluruh keluarganya bukannya mencari Tuhan malahan meninggalkan Betlehem (Rut 1:1) yang berarti Rumah Roti untuk pergi ke Moab. Akibatnya bukan berkat yang mereka terima tetapi malapetaka menimpa mereka.

I.Alasan Mengapa Tidak Diberkati Tuhan?

Sejak bangsa Israel meninggalkan Mesir Tuhan selalu memberkati hidup mereka, Kebutuhan makan, minum dan pakaian mereka Tuhan cukupkan selama 40 tahun di padang gurun. Bahkan mereka makan dari panen yang lampau sehingga panen yang baru bisa mereka simpan (Im 26:10).

Mengapa sekarang mereka tidak di berkati…

  • Tidak Taat ~ Ketidak taatan mendatangkan hukuman Allah (Im 26:18) dan membuat tanah mereka tidak diberkati dan pohon-pohonan di tanah mereka tidak menghasilkan buah (Im 26:20)
  • Mencari Yang Lain ~ Elimelekh beserta seluruh keluarganya bukannya mencari Tuhan tetapi mencari yang lain dengan pergi ke Moab (Rut 1:1) Akibatnya malapetaka menimpa mereka.

II.Sikap Yang benar saat mengalami masalah

Hidup manusia tidak bisa lepas dari masalah dan hidup setiap kita ditentukan oleh bagaimana kita bersikap dan bereaksi ketika masalah dan pencobaan Tuhan ijinkan terjadi, karena itu ketika mengalami masalah hal yang harus kita lakukan adalah…

  • Jangan menghindar dari Masalah ~ Elimelekh dan keluarganya berusaha lari dari masalah dengan pergi ke Moab akibatnya masalah bukannya selesai malahan semakin sulit (Rut 1:3-5).
  • Jangan salahkan Tuhan ~ Naomi menyalahkan Tuhan yang membuat hidupnya menderita (Rut 1:13 ; 20-21) padahal Tuhan tidak pernah menyuruh ia meninggalkan Betlehem, penderitaan yang dia alami karena perbuatannya sendiri.
  • Cari Tuhan ~ Segera datang mencari Tuhan dengan hati yang bertobat adalah cara terbaik ketika mengalami masalah. Pada saat datang kepada Tuhan maka Ia akan membantu kita untuk mengevaluasi, mengintrospeksi dan mengoreksi diri kita.

III.Hasil bagi orang yang Mencari Tuhan…

  • Tuhan akan memberi jawaban ~ Yesus adalah jawaban atas setiap masalah kita, karena itu jangan cari yang lain, jangan cari jalan pintas melalui dukun/orang pintar ketika mengalami masalah dalam pekerjan, bisnis, keluarga dsb.
  • Tuhan akan memberi yang terbaik ~ Rut rela meninggalkan Moab untuk datang ke Betlehem mengikuti Allahnya Naomi hasilnya ia mendapatkan Boas seorang yang kaya raya dan takut akan Tuhan sebagai suaminya (Rut 4:13).
  • Tuhan akan menjadikan yang tidak mungkin ~ Tidak ada yang tidak mungkin bagi orang yang mencari Tuhan karena Tangan Tuhan yang menyertai dan menjadikan.
  • Tuhan akan memberkati hidup kita ~ Hidup Rut diberkati karena memiliki sikap yang radikal berani meninggalkan segalanya untuk datang kepada Tuhan bahkan dari keturunan Rut dan Boas lahir Daud dan Tuhan Yesus (Mat 1:5).

AFFIRMASI

HIDUP KITA DITENTUKAN OLEH BAGAIMANA KITA BERSIKAP SAAT MENGALAMI MASALAH DAN SIKAP YANG BENAR ADALAH DENGAN SEGERA MENCARI TUHAN.

by : Admin . July 25th, 2012 . Posted in : Ringkasan Kotbah

satu komentar tentang “Carilah Aku, maka kamu akan hidup!”

  1. Carilah Aku, Maka Kamu Akan Hidup

Leave a Reply

Barisan Pemenang GBI Misi Kasih
JL.Manngga Besar 4E No.24, Jakarta
Phone (021) 6291794, 98157313
Copyright © 2013 GBI Misi Kasih