Home » Ringkasan Kotbah » Bertumbuh Seperti Yesus

Bertumbuh Seperti Yesus

Pdt.Fajar LembongKotbah, 24 November 2013
Oleh : Pdt.Ibu Fajar Lembong

 Ayat Nats : Efesus 4:14-15

Tuhan Yesus yang kita sembah saat ini bukan lagi sebagai seorang bayi yang ada di palungan sebagaimana yang di gambarkan oleh umat Kristen saat merayakan Natal. Yesus bukan lagi sebagai anak-anak, Ia bertumbuh kearah kedewasaan dan kesempurnaan sehingga mampu menyelesaikan tanggung jawab yang di berikan Bapa di Sorga saat Ia di dunia.

Hal tersebut juga menjadi kerinduan Rasul Paulus atas jemaat Efesus sehingga ia menasihati mereka supaya mereka bertumbuh di dalam segala hal seperti Kristus sehingga bukan lagi menjadi anak-anak, yang diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan (Efesus 4:14-15).

I. BERTUMBUH SEPERTI YESUS

Lukas 2:52  Dan Yesus makin bertambah besar dan bertambah hikmat-Nya dan besar-Nya, dan makin dikasihi oleh Allah dan manusia.

Bertumbuh di dalam segala hal seperti Kristus harus juga terjadi pada setiap kita anak-anakNya dan hal-hal tersebut antara lain…

1. FISIK & ROHANI ~ Seorang anak yang bertumbuh tentunya tidak hanya di beri susu atau makanan yang lembut-lembut saja oleh orang tuanya. Demikian setiap kita harus MAU makan-makan yang keras dan Gereja harus BERANI memberi Firman yang lebih keras agar jemaatnya menjadi dewasa.

2.INTELEKTUAL ~ Setiap anak Tuhan harus semakin berhikmat tidak menjadi orang bodoh sehingga jika diajak bicara nyambung, gampang nyaut… :D. Oleh karena itu harus terus mau belajar dan merenungkan Firman Tuhan siang dan malam.

3.EMOSI ~ Setiap manusia mempunyai emosi, hubungan dengan sesama membutuhkan emosi, demikian hubungan dengan Tuhan saat ibadah tentu harus ada emosi. Emosi tidak boleh kosong namun emosi tetap harus terkendali sehingga kita mampu seperti Yesus memliki penguasaan diri yang sempurna.

4.MORAL ~ Moral harus juga bertumbuh, sebagai orang Kristen kita harus punya etika, tau tata krama dan budi pekerti yang baik saat berinteraksi dengan orang lain di manapun kita berada sehingga semakin di kasihi oleh manusia seperti Yesus.

5.SOSIAL ~ Sebagai mahkuk sosial tentu sikap sosial harus nyata sebagai mana Yesus yang mengasihi setiap orang terlebih terhadap mereka yang sakit, haus dan lapar, terhadap orang-orang miskin, janda-janda dan anak-anak yatim piatu yang membutuhkan pertolongan.

II. MASALAH MENJADIKAN KITA DEWASA

Terkadang Tuhan tidak mencegah masalah terjadi dalam hidup kita bahkan sebaliknya Tuhan mengijinkan masalah dan menggunakannya untuk menjadikan anak-anakNya bertumbuh dewasa. Oleh karena itu setiap kita harus memandang dan merespon dengan benar saat mengalaminya.

Cara Menghadapi Masalah :

1. TEKUN ~ Ibrani 10:36  Sebab kamu memerlukan ketekunan, supaya sesudah kamu melakukan kehendak Allah, kamu memperoleh apa yang dijanjikan itu.

2. JANGAN MENYERAH ~ Roma 8:17-18  Dan jika kita adalah
anak, maka kita juga adalah ahli waris, maksudnya orang-orang yang berhak menerima janji-janji Allah, yang akan menerimanya bersama-sama dengan Kristus, yaitu jika kita menderita bersama-sama dengan Dia, supaya kita juga dipermuliakan bersama-sama dengan Dia.
Sebab aku yakin, bahwa penderitaan zaman sekarang ini tidak dapat dibandingkan dengan kemuliaan yang akan dinyatakan kepada kita.

3. BERSUKACITA ~ Lukas 6:23  Bersukacitalah pada waktu itu dan bergembiralah, sebab sesungguhnya, upahmu besar di sorga; karena secara demikian juga nenek moyang mereka telah memperlakukan para nabi.

Incoming search terms:

    BERTUMBUH DAN SEMAKIN BERHIKMAT,penjelasan ayat Alkitab tentang bertumbuh dan semakin berhikmat
by : Admin . November 25th, 2013 . Posted in : Ringkasan Kotbah

Leave a Reply

Barisan Pemenang GBI Misi Kasih
JL.Manngga Besar 4E No.24, Jakarta
Phone (021) 6291794, 98157313
Copyright © 2013 GBI Misi Kasih