Home » Ringkasan Kotbah » Upah Kebahagiaan

Upah Kebahagiaan

Apr
18
2011
by : Admin . Posted in : Ringkasan Kotbah

Ringkasan Kotbah, 17 April 2011
Oleh : Pdt.Mexson Million.

Upah kebahagiaan - Pdt.Mexson Million

Ayat Bacaan : Yohanes 13 : 1 – 20

Nats: Jikalau kamu tahu semua ini, maka berbahagialah kamu, jika kamu melakukannya. (Yoh 13:17)

Bacaan Firman Tuhan pada ringkasan khotbah kali ini menceritakan peristiwa sebelum hari Paskah dimana Tuhan Yesus membasuh kaki murid-muridnya. Pada zaman itu pembasuhan kaki atau mencuci kaki adalah suatu pekerjaan seorang budak dan hal tersebut Yesus lakukan kepada murid-muridNYA sebagai teladan sikap kerendahan hati seorang pemimpin (Pemimpin Hamba).

Keteladanan kerendahan hati yang Yesus demonstrasikan terhadap murid-muridNYA ini seharusnya menjadi bagian hidup kita, setiap kita harus juga melakukannya dan luar biasanya disinilah tersirat Upah Kebahagiaan Sejati bagi setiap kita yang melakukannya.

4 Hal yang harus kita lakukan agar beroleh Upah kebahagian :

1. Meletakan kaki ditangan Kristus (Ayat 8 )

  • Berbicara Perjalanan hidup kita yang harus kita serahkan kepada Tuhan, sebab di hadapan Tuhanlah terdapat sukacita yang berlimpah-limpah dan di tanganNYA terdapat kenikmatan senantiasa (Maz.16:11)
  • Berarti kita harus Membersihkan jalan hidup kita setiap hari dari dosa-dosa kelalaian yang sering kita lakukan sehingga kita tetap dilayakan untuk berjalan di hadapan Allah dalam cahaya kehidupan (Maz.56:14)

2. Mengakui Kristus adalah Guru dan Tuhan (Ayat 13)

  • Mengakui Dia sebagai Guru berarti kita harus PERCAYA apa yang Guru kita katakan dan Firman Tuhan katakan “…Barangsiapa yang percaya kepada Dia, tidak akan dipermalukan.” (Rom. 10:11)
  • Mengakui Dia sebagai Tuhan berarti kita harus MENTAATI segala perintah-perintahNYA dan perlu kita ketahui perintah yang Tuhan berikan tidak pernah berat dan di luar kemampuan manusia. (I Yoh.5:3, Mat 11:30)

3. Saling Membasuh kaki satu sama lain (Ayat 14)

  • Saling Membasuh kaki berarti kita harus saling mengingatkan, jika kedapatan saudara kita melakukan pelanggaran kita harus berani tidak sungkan menegor dan menasehati mereka dan tentunya dengan sikap yang lemah lembut (Gal 6:1-2)
  • Menyeka sampai kering berarti harus Mengampuni dan Melupakan setap kesalahan saudara kita sampai benar-benar Tuntas tas..tas..

4. Mengerjakan pelayan dengan kasih dan kerendahan hati (Ayat 15)

  • Keteladanan yang Tuhan Yesus lakukan dalam hal melayani dengan sikap rendah hati dengan membasuh kaki murid-muridnya hendaklah kita lakukan juga di dalam setiap pelayanan kita, sebagai bukti kasih kita seorang akan yang lain sebagaimana yang Yesus perintahkan (Yoh 13:34).
  • Tiga sikap yang penting dan harus kita lakukan di dalam pelayanan (1) Selalu mencari kebahagiaan orang lain. (2) Melihat semua orang punya kelebihan. (3) Dapat menerima pendapat orang lain.
  • Filipi 2:3 dengan tidak mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang sia-sia. Sebaliknya hendaklah dengan rendah hati yang seorang menganggap yang lain lebih utama dari pada dirinya sendiri

Incoming search terms:

    ringkasan kotbah yohanes 13 ; 1-20

Leave a Reply

Barisan Pemenang GBI Misi Kasih
JL.Manngga Besar 4E No.24, Jakarta
Phone (021) 6291794, 98157313
Copyright © 2013 GBI Misi Kasih