Home » Ringkasan Kotbah » Tetap Tinggal Didalam Kristus

Tetap Tinggal Didalam Kristus

Mar
06
2012
by : Admin . Posted in : Ringkasan Kotbah

Ringkasan Kotbah, 04 Maret 2012
Oleh : Pdt.Mexson Million

Mexson-MillionAyat Bacaan: Yoh 15:1-8

I. ARTI TETAP TINGGAL DIDALAM KRISTUS

1. Kesetiaan Pada Kristus

(Yoh 15:4a) “Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu”.

Allah yang kita percaya adalah Allah yang setia, walaupun seringkali kita berlaku tidak setia seperti Bangsa Israel tetapi Dia tetap setia sehingga wajar jika Allah juga menuntut kesetiaan kita sebagai mempelainya. (Maz 18:26) terhadap orang yang suci Engkau berlaku suci, tetapi terhadap orang yang bengkok Engkau berlaku belat-belit.

  • Kesetiaan diperlukan dalam setiap aspek kehidupan.
  • Kesetian tidak hanya pada Kristus tetapi sebagai anak kita juga belajar setia terhadap orang tua, suami terhadap istri atau sebaliknya, karyawan terhadap perusahaan dan juga Jjemaat terhadap Gereja.
  • Contoh : Musa setia dalam segenap rumah Allah sebagai pelayan.. (Bil 12:7 Ibr 3:5) demikian kita juga kita harus setia pada Gereja dengan setia beribadah dengan konsep yg benar, setia berdoa dan bersedia menjadi pelayan.
  • Sebagai Pelayan kita jangan cepat merasa puas, karena pelayanan kita sesungguhnya belum seberapa. Pelayanan kita tidak sampai berdarah-darah seperti yang Paulus lakukan sebagai pelayan setia.

2. Berfungsi Sesuai Panggilan

(Yoh 15:5a) ” Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya.”

  • Berarti Fokus dan berpikir sesuai kasih karunia yang Tuhan beri, tidak memikirkan hal-hal yang lebih tinggi dari pada yang patut kita pikirkan (Rom 12:3) .
  • Sebagai Ranting setiap kita harus berfungsi dengan menhasilkan daun hijau yang segar (sukacita) juga menghasilkan buah-buah (jiwa-jiwa) jika tidak maka akan dicampakkan ke dalam api lalu dibakar. (Yoh 15:6)
  • Sebagai Ranting setiap kita menunjukan kesaksian hidup yang berpadanan/sesuai dengan panggilan orang percaya (Ef 4:1) .
  • Berarti terus bertumbuh, ada peningkatan secara karunia, semakin besar, semakin di percaya oleh Tuhan. Contoh : Musa mengalami proses dididik Tuhan dari istana raja sampai padang gurun supaya semakin luarbiasa dan dipercaya Tuhan demikian kita sebagai pelayan, user, singer, pemusik, fasilitator dll harus terus bertumbuh semakin besar, semakin di percaya oleh Tuhan.

3. Menyikapi Panggilan Dengan Serius

(Yoh 15:6) Barangsiapa tidak tinggal di dalam Aku, ia dibuang ke luar seperti ranting dan menjadi kering, kemudian dikumpulkan orang dan dicampakkan ke dalam api lalu dibakar.

  • Karena ini masalah hidup atau mati. Tinggal didalam Kristus atau dicampakkan ke dalam api.
  • Karena kita ditebus oleh darah yang mahal yaitu oleh darah Kristus yang suci (1Pet 1:18-19)
  • Karena itu jangan main-main dengan panggilan kita, jangan menyalibkan lagi Kristus supaya tidak hidup di dalam kutuk (Ibr 6:4-8). Perlu kita ketahui Tuhan tidak mengutuk manusia tapi Tuhan memberi dua jalan berkat atau kutuk dan kitalah yang memilihnya.

II. DAMPAK DARI TETAP TINGGAL DIDALAM KRISTUS

1. Selalu Dibersihkan

(Yoh 15:2-3) Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah. Kamu memang sudah bersih karena firman yang telah Kukatakan kepadamu.

  • Melalui kebenaran firman Sebagaimana fungsi firman untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran (2Tim 3:16).
  • Karena itu jangan mengeraskan hati tetapi terima firman dengan lemah lembut (Yak 1:21) bersyukur jika masih di tegur oleh Firman.
  • Belajar taat melakukan firman kebenaran (1Pet 1:22) sehingga dosis kejahatan kita semakin berkurang tidak lagi sama seperti sebelum percaya Kristus.

2. Menghasilkan Buah-Buah

(Yoh 15:5) Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.

  • Buah-buah Roh : kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri (Gal 5:22-23).
  • Memenangkan jiwa-jiwa ~ Penting sekali berdoa untuk meraih jiwa-jiwa
  • Penuh dengan buah-buah kebenaran (Fil 1:11)
  • Sampai tua tetap berbuah (Maz 92:15)

3. Diberi Hak Istimewa

(Yoh 15:7) Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.

  • Dipelihara sebagai anak-anakNya.
  • Dipelihara sebagai biji mataNya ~ (Maz 17:8) Peliharalah aku seperti biji mata, sembunyikanlah aku dalam naungan sayap-Mu
  • Dipercayai dan diberi kuasa ~ (Mat 21:22) Dan apa saja yang kamu minta dalam doa dengan penuh kepercayaan, kamu akan menerimanya.”

AFFIRMASI

DILUAR KRISTUS KITA TIDAK DAPAT BERBUAT APA-APA NAMUN DIDALAM KRISTUS KITA DAPAT LAKUKAN PERKARA YANG BESAR

Incoming search terms:

    khotbah yoh 15 ayat 1-8,renungan panggilan hidup didalam Kristus,khotbah kristen ttg kesetiaan,khotbah kristen tentang tinggal didalam kristus,kotbah jgn tinggal,khotbah Yohanes 15:5,Yohanes 15:7,khotbah kristen tentang tinggal didalam Tuhan,artikel renungan khotbah Yohanes 15:8,khotbah kristen yohanes 5:1-18

Leave a Reply

Barisan Pemenang GBI Misi Kasih
JL.Manngga Besar 4E No.24, Jakarta
Phone (021) 6291794, 98157313
Copyright © 2013 GBI Misi Kasih