Home » Ringkasan Kotbah » Tetap Berkenan Di Hadapan Allah

Tetap Berkenan Di Hadapan Allah

Jun
13
2012
by : Admin . Posted in : Ringkasan Kotbah

Ringkasan Kotbah, 10 Juni 2012
Oleh : Herijanto S

Tetap Berkenan Di Hadapan Allah - Herijanto S

Ayat Bacaan : Roma 12:1-3

Roma merupakan ibu kota kekaisaran Romawi pada saat Rasul Paulus menulis suratnya. Sebagai ibu kota atau pusat pemerintahan, tentunya perkembangn dan kemajuan yang pesat terjadi dalam segala bidang kehidupan sehingga berpengaruh juga pada gaya hidup orang-orang Roma.

Keadaan tersebut mungkin menimbulkan rasa khawatir Paulus terhadap Jemaat Roma sebagai kelompok minoritas, sehingga ia menasihatkan mereka agar tidak terpengaruh oleh gaya hidup perkotaan dengan segala dampak negatif yang timbulkannya dan agar jemaat Roma bisa tetap dalam iman kepada Kristus dengan menjaga hidup selalu berkenan di hadapan Allah.

Tiga Nasihat Rasul Paulus untuk menjaga Hidup agar tetap berkenan dihadapan Allah :

1.Mempersembahkan Tubuh (ayat 1)

(Rom 12:1) Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati.

Berarti….

  • Menjaga hidup kita dari perbuatan tercela dengan menyangkal diri pikul salib
  • Menyerahkan hidup kita bagi pekerjaan yang Allah kehendaki melalui pelayanan
  • Pengabdian secara total seperti prajurit kepada rajanya (bhs Yunani Paristano) dalam hal mengikut Yesus
  • Membangun Ibadah Sejati ~ bukan ibadah palsu (2Tim 3:5) tetapi ibadah yang di sertai pertobatan (Mzm 51:18-19)

2.Tidak Serupa Dengan dunia (ayat 2)

(Rom 12:2) Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Sebab…

  • Semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup (1Yoh 2:16)
  • Iblis adalah penguasa dunia yang harus kita lawan (Ef 6:12)
  • Allah ingin tujuanNya di genapi dalam kita (Ef 2:10)

Bukan berarti harus menjauhkan atau memisahkan diri dari dunia tetapi mencegah agar dunia tidak dapat mempengaruhi kita.

  • Seperti ikan laut yang tidak menjadi asin ditengah-tengah asinnya air laut
  • Yesus sudah menjadi teladan tidak menjauh dari dunia sebaliknya datang ke dunia

Dimulai dari pembaharuan pola pikiran (egosentris, materialistis, hedonistis, dll) sehingga dapat mengerti kehendak Allah.

3.Menguasai Diri (ayat 3)

(Rom 12:3) Berdasarkan kasih karunia yang dianugerahkan kepadaku, aku berkata kepada setiap orang di antara kamu: Janganlah kamu memikirkan hal-hal yang lebih tinggi dari pada yang patut kamu pikirkan, tetapi hendaklah kamu berpikir begitu rupa, sehingga kamu menguasai diri menurut ukuran iman, yang dikaruniakan Allah kepada kamu masing-masing.

Dalam hal…

  • Emosi dengan menjaga diri dari amarah yang tak terkendali ~ (Ams 29:22) Si pemarah menimbulkan pertengkaran, dan orang yang lekas gusar, banyak pelanggarannya.
  • Perkataan ~ (Yak 3:6) Lidahpun adalah api; ia merupakan suatu dunia kejahatan dan mengambil tempat di antara anggota-anggota tubuh kita sebagai sesuatu yang dapat menodai seluruh tubuh dan menyalakan roda kehidupan kita, sedang ia sendiri dinyalakan oleh api neraka.
  • Keinginan dan hawa nafsu ~ Jangan seperti Yakub yang menginginkan berkat kakaknya Esau akibatnya ia harus berpisah dengan kedua orang tuanya dan putus hubungan persaudaraannya.

Merupakan…

  • Keunggulan seseorang, karena berhasil tidaknya seseorang dalam menyelesaikan tugasnya ditentukan oleh penguasaan dirinya (Ams 6:32)
  • Cara yang tepat untuk menanti pertolongan, pemulihan dan perbaikan dari Tuhan

AFFIRMASI

PERSEMBAHKAN TUBUH, TIDAK SERUPA DUNIA DAN PENGUASAAN DIRI AKAN MEMBAWA HIDUP KITA TETAP BERKENAN DIHADAPAN ALLAH

Incoming search terms:

    pelayanan yg berkenan dihadapan tuhan,ayat berkenan dihadapan tuhan,hidup yang berkenan di hadapan Yesus,pelayanan yang berkenan pada Tuhan/khotbah alkitab

Leave a Reply

Barisan Pemenang GBI Misi Kasih
JL.Manngga Besar 4E No.24, Jakarta
Phone (021) 6291794, 98157313
Copyright © 2013 GBI Misi Kasih