Home » Ringkasan Kotbah » Mengalahkan Ketakutan

Mengalahkan Ketakutan

Ringkasan Kotbah, 27 Maret 2011
Oleh : Pdt.Ibu Fajar Lembong

Pdt.Fajar LembongAyat Bacaan : Matius 11:25–30

Banyak hal di dalam kehidupan ini yang dapat membuat kita merasa takut, sebenarnya ketakutan itu merupakan bagian dari peringatan atau hukuman atas kesalahan yang kita lakukan.

Wahyu 21:8 jelas mengatakan orang penakut tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah, bagian mereka di dalam lautan yang menyala-nyala oleh api dan belerang yaitu kematian yang kedua.. hiii.. horor…

Beberapa hal yang diakibatkan dari orang-orang penakut tersebut antara lain :

1. Toleransi pada dosa.
2. Mudah menyerah (Putus asa).
3. Gelisa (Stres).
4. Melumpuhkan pelayanan.

Nah.. Sekarang bagaimana cara kita mengalahkan rasa takut tersebut :

1. Datang kepada Tuhan Yesus dengan sepenuh hati. Maz.3:8-9.

  • Sering kali kita tidak mengerti/tau bagaimana caranya Tuhan menolong kita, itu membuktikan memang Dia Allah, Hikmatnya tak terselami karna itu penting kita suka membaca dan merenungkan Firman untuk mengerti jalan-NYA.
  • Seorang yang memiliki kesungguhan hati untuk datang kepadaNya akan selalu taat menuruti apa yang Tuhan perintahkan dan bagaimana mungkin kita tahu apa yang Tuhan perintahkan jika kita tidak suka membaca Alkitab yang berisi segala perintah-perinthnya. So.. mulai sekarang setia baca Alkitab yah sob…
  • Yohanes 14:15 “Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.

2. Berketetapan hati untuk terus percaya pada Tuhan Yesus Maz.56:2-6

  • Seperti Pemazmur katakan, biarlah setiap kita komitmen untuk tetap percaya pada Yesus seperti apapun keadaan kita, situasi kondisi sesulit apapun kita harus tetap berpegang teguh pada iman percaya kita sehingga Tuhan juga akan memegang kita dengan teguh.

3. Berlindung pada Tuhan Yesus. Maz.118:5-12.

  • Jurus ketiga untuk mengalahkan ketakutan ialah Berlindung pada Tuhan. Orang yang berlindung pada Tuhan akan selalu Fokus pada firman dan perintahNYA dan tentunya Tidak mengandalkan Manusia ego, kepintaran, kekayaan, penampilan dan segala hal yang berpuasat pada diri sendiri atau apapun selain DIA.

4. Berdoa dan memuji Tuhan Yesus. Kis.16:25-26.

  • Pujian akan membawa kelepasan dari ketakutan kita, sebagaimana yang dialami Paulus dan Silas ketika di penjara. Doa dan pujian Paulus dan Silas bukan hanya mengalahkan ketakutan tetapi juga membuka pintu penjara dan belenggu mereka, sungguh mukjizat yang ruuaar biasa…
  • Jadi jika ingin menghancurkan ketakutan artau apapun yang membelenggu hidup kita mulailah setia dalam doa, pujian dan penyembahan hari-hari kita.

Semoga Bermanfaat.. Jesus bless you all

by : Admin . March 30th, 2011 . Posted in : Ringkasan Kotbah

Leave a Reply

Barisan Pemenang GBI Misi Kasih
JL.Manngga Besar 4E No.24, Jakarta
Phone (021) 6291794, 98157313
Copyright © 2013 GBI Misi Kasih