Home » Ringkasan Kotbah » Hidup Dalam Tujuan Allah

Hidup Dalam Tujuan Allah

Jun
06
2012
by : Admin . Posted in : Ringkasan Kotbah

Ringkasan Kotbah, 03 Juni 2012
Oleh : Ibu.Suhati Hadiwijaya (Erlin)

ibu-erlinAyat Bacaan Efesus 2:8-10

(Ef 2:8) Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, (Ef 2:9) itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri. (Ef 2:10) Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.

Dari ketiga ayat diatas kita dapat menangkap maksud dari Rasul Paulus akan hidup setiap kita sebagai orang percaya yaitu :

1. Hidup adalah Kasih Karunia (ayat.8)

Berarti :

  • Bukan hasil usaha kita, tetapi pemberian Allah
  • Hidup oleh karena belas kasihan Tuhan
  • Pemberian yang sangat berharga yang harus kita pertanggung jawabkan
  • Contoh : Keselamatan, Berkat Jasmani, Kepandaian, Kekayaan, dsb

Karena itu sebagai orang yang telah menerima Kasih Karunia dari Tuhan, setiap kita harus belajar menghargai Kasih Karunia tersebut dalam tindakan nyata dengan hidup saleh dalam keseharian, ibadah dan semakin setia dalam pelayanan Gereja… Sudahkah kita menghargai Kasih Karunia Allah?

2. Hidup dengan Kerendahan Hati (ayat 9)

  • Karena semua adalah pemberian Allah bukan hasil usaha atau pekerjaan kita, tidak sepatutnya kita memegahkan diri sebaliknya harus hidup dalam kerendahan hati.
  • Jika hidup diberkati, bisnis sukses, pelayanan berhasil, dsb janganlah kita menyombongkan diri tetapi naikan syukur karena kasih karunia tersebut.
  • Contoh : Daniel (Dan 10:12) berniat untuk merendahkan diri dengan segala ketulusan didalam doanya, niatnya saja sudah Allah dengar dan perhitungkan.
  • Belajar untuk Merendahkan diri di dalam doa harus juga di sertai dengan penuh kepercayaan (Mat 21:22)

(Dan 10:12) Lalu katanya kepadaku: “Janganlah takut, Daniel, sebab telah didengarkan perkataanmu sejak hari pertama engkau berniat untuk mendapat pengertian dan untuk merendahkan dirimu di hadapan Allahmu, dan aku datang oleh karena perkataanmu itu.

(Mat 21:22) Dan apa saja yang kamu minta dalam doa dengan penuh kepercayaan, kamu akan menerimanya.”

3. Hidup dalam Tujuan Allah (ayat 10)

  • Untuk menghargai kasih karunia Allah sebagai ciptaan baru dalam Kristus Yesus, hidup kita harus punya tujuan yaitu untuk melakukan segala hal yang baik.
  • Tujuan Allah dalam hidup kita harus JELAS dan KUAT dan JANGAN PUTUS ASA meskipun belum kita capai.
  • Contoh : Yusup (Kej 34-37) walaupun rintangan begitu berat menghalanginya ia tidak putus asa untuk menggapai tujuan hidup yang Allah kehendaki dan Yusup juga memiliki iman yang bekerja oleh Kasih (Gal 5:6)

Langkah untuk mengunakan iman yang bekerja di dalam kasih agar tujuan Allah tergenapi dan hidup kita diberkati seperti Yusup :

  • Bertindak dengan mengenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah (Ef 6:11-19)
  • Bersedia iman kita dibentuk dan dimurnikan melalui sesama kita ~ (Amsal 27:17) Besi menajamkan besi, orang menajamkan sesamanya.
  • Tetap percaya rencana/tujuan Allah pasti tergenapi dalam hidup kita (Yes 55:8-11)

(Yes 55:8) Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN. (Yes 55:9) Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu. (Yes 55:10) Sebab seperti hujan dan salju turun dari langit dan tidak kembali ke situ, melainkan mengairi bumi, membuatnya subur dan menumbuhkan tumbuh-tumbuhan, memberikan benih kepada penabur dan roti kepada orang yang mau makan, (Yes 55:11) demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya.

AFFIRMASI

TUJUAN ALLAH DALAM HIDUP KITA HARUS “JELAS” DAN “KUAT”, “JANGAN PERNAH PUTUS ASA” MESKIPUN BELUM TERCAPAI

Incoming search terms:

    khotbah kristen tentang tujuan hidup,khotbah kristen tentang kasih karunia,khotbah kristen tujuan hidup,tujuan hidup orang percaya,khotbah tentang tujuan hidup,menghargai hidup menurut alkitab,khotbah tentang tujuan hidup orang kristen,kotbah efesus 2:10,renungan efesus 2:10,khotbah berkaitan misi

Leave a Reply

Barisan Pemenang GBI Misi Kasih
JL.Manngga Besar 4E No.24, Jakarta
Phone (021) 6291794, 98157313
Copyright © 2013 GBI Misi Kasih